Senin, 12 Nopember 2012 - 19:45

Untuk kesekian kalinya Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Mojosari menggelar sosialisasi perpajakan di Radio Maja FM Mojokerto. Sosialisasi kali ini mengambil topik Sensus Pajak Nasional (SPN) yang dikemas dalam bentuk dialog interaktif.

Kepala KP2KP Heri Supriadi didampingi pelaksana Indah Kurniawati dalam sosialisasinya mengatakan, SPN bertujuan untuk menjaring seluruh potensi perpajakan dalam rangka memenuhi Tri Dharma Perpajakan.
Tri dharma Perpajakan itu meliputi, seluruh wajib pajak terdaftar, seluruh objek pajak dipajaki dan pelaksanaan kewajiban perpajakan tepat waktu dan tepat jumlah sesuai peraturan perundang-undangan.

Ada beberapa manfaat SPN, diantaranya, menyiapkan data yang akurat atas potensi pajak dalam rangka meningkatkan penerimaan pajak. Kemudian meningkatkan pelayanan yang berkeadilan bagi amsyarakat dalam pemenuhan hak dan kewajiban perpajakan serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam mendukung kelangsungan pembangunan. Sensus pajak ini bukanlah barang baru. Selama ini sensus tidak dilakukan secara menyeluruh dan serentak.

Dibutuhkan bantuan masyarakat untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh petugas sensus dengan tepat. Masyarakat juga haarus menyiapkan dokumen-dokumen pembantu yang dipersyaratkan misalnya KTP, Kartu Keluarga, Nomor Pokok Wajib Pajak, STTS PBB, rekening listrik. Data ini nantinya diolah guna mengetahui potensi pajak yang sebenarnya.

Dijelaskan, untuk petugas sensus akan direkrut tenaga honorer didampingi petugas pendamping dari kantor pajak sendiri. Dan dalam melakukan tugas, petugas selalu ada membawa surat tugas, dan identitas dan atribut resmi yaitu seragam atau kostum yang bisa masyarakat kenali. Dan bila masih ada keraguan, diharapkan agar masyarakat tidak segan-segan menghubungi Kantor Perpajakan.
Dalam dialog interaktif berdurasi satu jam itu, beragam pertanyaan dari masyarakat muncul