Artikel

Persempit Masalah Perlebar Peluang

Oleh Hendar Iskandar, Pegawai Direktorat Jenderal Pajak
Dalam suatu pertemuan yang membahas tentang evaluasi kinerja, hal yang sering disampaikan adalah daftar permasalahan yang menjadi batu sandungan pencapaian kinerja. Daftar tersebut seakan menjadi jawaban paling pas sekaligus menjadi kambing hitam dan seolah menjadi faktor 99% yang menentukan kinerja seseorang dan kinerja organisasi. 

Pemerintah Selalu Hindari Pajak Berganda

Terbitnya PMK Nomor 158/PMK.010/2015 tentang Kriteria Jasa Kesenian dan Hiburan yang Tidak Dikenai PPN ternyata menimbulkan salah persepsi di tengah masyarakat.

DJP Gencar Imbau Wajib Pajak Manfaatkan TPWP 2015

Hingga 31 Juli 2015, DJP telah mengirimkan 353.751 surat imbauan kepada 218.715 Wajib Pajak, dengan potensi pajak sebesar Rp 77,904 triliun.

70 Tahun Merdeka, Sudahkah Mandiri? Sudahkah Anda Berpartisipasi?

70 tahun Indonesia merdeka, namun belum bisa lepas dari bantuan luar negeri untuk membiayai pembangunan nasional dan pengelolaan pemerintahan.

Begini Cara DJP Cek Kebenaran Laporan SPT

Menggunakan kuasa pasal 35A UU KUP juncto PP 31 Tahun 2012, DJP semakin gencar meminta data kepada pihak ketiga terkait data perpajakan.

Gijzeling, Upaya Akhir Penagihan Pajak

DJP tidak mengharapkan penyelesaian utang pajak dilakukan melalui penyanderaan, pendekatan persuasif lebih diutamakan.

Akhir Juli Penerimaan Pajak Tumbuh, DJP Terus Berupaya Capai Target 2015

Hingga 31 Juli 2015, realisasi penerimaan pajak mencapai Rp 531,114 triliun atau 41,04% dari target penerimaan pajak 2015.

Djazoeli Sadhani: Pemeriksaan terhadap Wajib Pajak Besar Harus Ditingkatkan

Pemeriksaan terhadap Wajib Pajak Besar Harus Ditingkatkan (Yos W Hadi/ Yos Wiyoso Hadi)

Pemeriksaan untuk Wajib Pajak besar diusulkan untuk dilakukan setiap tahun dan profesional. Jangan sampai Wajib Pajak Besar diperiksa setiap tahun tapi hanya Wajib Pajak itu-itu saja. Misalnya Wajib Pajak Orang Pribadi Pribadi dari LTO (KPP Wajib Pajak Besar) dilakukan saja semuanya. "Semua wajib pajak Orang Pribadi di KPP Wajib Pajak Besar harus diperiksa," kata Prof.

Djangkung Sudjarwadi: Penagihan Pajak Harus Jadi Ruh UU KUP

Djangkung Sudjarwadi: Penagihan Pajak Harus Jadi Ruh UU KUP

"UU KUP dan peraturan pelaksaannya harus disesuaikan dengan penagihan pajak," tandas Djangkung Sudjarwadi, SH, LLM, dalam Diskusi Penagihan Pajak di Pullman Hotel, Surabaya, 10 Juni 2015.

Gunadi: Tax Audit Coverage Indonesia Perlu Diperbesar

Gunadi: Tax Audit Coverage Indonesia Perlu Diperbesar

"Sumbangan penerimaan dari pemeriksaan masih kecil sehingga diperlukan penambahan audit coverage," ujar Prof. Dr. Gunadi, Msc. dalam Diskusi Pemeriksaan Pajak dalam Acara Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Penegakan Hukum 2015 di Pullman Hotel, Surabaya, 10 Juni 2015.