The Sound of Jatim 2, Musik Pemersatu Hati

S.O. Band Jatim 2

Oleh: Daru Kuswardani, Pegawai Direktorat Jenderal Pajak

Tak bisa dipungkiri, suka atau tidak, musik selalu ada di sekeliling kita. Di mana pun, kapan pun musik selalu menemani hari-hari kita. Di lingkungan tempat kerja selalu terdengar suara musik, apapun jenisnya. Saat sedih ataupun susah ada musik yang menemani.

Setiap KPP di lingkungan Kanwil DJP Jawa Timur II mempunyai grup musik sebagai pengisi acara kantor. Nama-nama band tersebut yaitu:  Arpajo Band (KPP Madya Sidoarjo), Kepri Band (KPP Pratama Sidoarjo Utara), The Sidwest (KPP Pratama Sidoarjo Barat), The Nampitulas (KPP Pratama Sidoarjo Selatan), The Jum (KPP Pratama Mojokerto), Micin Flavor (KPP Pratama Lamongan), Lantai 4 (KPP Pratama Gresik Utara), Bandels Band (KPP Pratama Gresik Selatan),Too Band (KPP Pratama Tuban), Matoh Band (KPP Pratama Bojonegoro), Six Two One (KPP Pratama Madiun), Kasih Ibu (KPP Pratama Ponorogo), Six A Six/646 Coustic (KPP Pratama Ngawi), Settong Dere (KPP Pratama Bangkalan), dan Arek Lancor Band (KPP Pratama Pamekasan).

Kanwil DJP Jawa Timur II juga mempunyai grup band yang terbentuk sejak Juni 2015. Grup band tersebut bernama JT 2 Band, yang dimotori Jarod Sri Raharjo (Kasi KBP III). Nama-nama personilnya adalah: Jarod Sri Raharjo, Ade Tri Cahyono, Angga Kusuma, Aang Gesang Luhur Wicaksono, Sri Indra Cahyono, Anak Agung Putu Mayun Cahya Pramana, Astari Ongkiana dan Maya Alfiandari.

Pada awal tahun 2017 terjadi promosi 4 personil band tersebut ke KPP lain dan mutasi 2 personil band ke homebase. Ada rasa bangga, bahagia sekaligus sedih karena kami kehilangan sosok-sosok terbaik di Bidang masing-masing. Mereka yang disebut juga sebagai 'Anak Band' merupakan andalan dalam urusan kedinasan maupun di luar kedinasan. Mereka sangat ringan tangan dan trampil serta profesional dalam melaksanakan tugasnya. Empat personil tersebut adalah: Angga yang dipromosikan sebagai Pemeriksa Pajak Pertama KPP Tenggarong, Aang dipromosikan sebagai Pemeriksa Pajak Pertama KPP Luwuk, Indra dipromosikan sebagai Account Representative KPP Madiun, dan Mayun dipromosikan sebagai Account Representative KPP Sidoarjo Barat. Adapun personil yang mutasi ke homebase adalah: Astari mutasi ke KPP Garut dan Maya mutasi ke KPP Surakarta. Sehingga yang tersisa tinggal Jarod dan Ade. Oleh karenanya, Jarod membentuk grup band baru yang bernama S.O. (Sak Onone) Band. Personil S.O. Band yaitu : Jarod (drum), Ade (bas), Fa’i (keyboard), Bruce (gitar), Ansorul (gitar), Paulus Aktoni (vocal), dan Hatmoko (vocal).

Apabila ada kegiatan ataupun lomba antar Kanwil, personil band yang tampil merupakan gabungan dari beberapa KPP di lingkungan Kanwil DJP Jawa Timur II. Jarod selaku manajer grup band tersebut, menjelaskan kepada penulis nama ketujuh personil Band Kanwil Jatim II, yaitu: Fa’i (keyboard/Kanwil), Hita (drum/Madiun), Iqbal (biola/Sidoarjo Barat), Fajar (gitar/Bangkalan), Dimas (bas/Gresik), Putri (vocal/Madya), Toni (Vocal/Kanwil), dan Jarod (vocal/Kanwil).

Band Kanwil Jatim 2 mendapat juara pertama selama dua tahun berturut-turut pada kegiatan lomba band di Hari Keuangan pada tahun 2016 dan tahun 2017. Terkait kesuksesan yang diraihnya, Jarod menjelaskan bahwa untuk menjadi juara, diperlukan komitmen bersama terkait jadwal latihan di luar jam kerja, mengetahui peran masing-masing, serta tidak menonjolkan diri sendiri tetapi menjaga harmoni. Kegiatan tersebut cukup menyita waktu terlebih jika ada even atau acara mendadak, tetapi hal tersebut tidak menjadi masalah bagi mereka. Karena dengan musik mereka bisa menyalurkan hobi sekaligus menghibur seluruh pegawai. Karena musik pemersatu hati.(*)

*) Tulisan ini merupakan pendapat pribadi penulis dan bukan cerminan sikap instansi di mana penulis bekerja.