Semangat, Seng Penting Yakin!

Semangat, Seng Penting Yakin!

Oleh: Ahmad Bukhori, Pegawai Direktorat Jenderal Pajak

Sebagai instansi dengan tugas utama berbasis layanan publik di bidang perpajakan, tentu Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melalui unit-unit terkecilnya selalu berupaya memberikan layanan yang terbaik.

Melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Pelayanan,Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakannya (KP2KP), DJP terus berupaya menyentuh segala lini masyarakat dengan memanfaatkan berbagai media yang ada saat ini.Tidak terkecuali KP2KP Sendawar, sejak tahun 2017 bergulir sampai menjelang berakhir, kami terus berupaya mengoptimalkan layanan informasi perpajakan bagi masyarakat khusnya di Kabupaten Kutai Barat-Kaltim.

Masyarakat menganggap perpajakan itu susah-susah gampang, “Susah Ingatnya Gampang Lupanya”. Tetapi bagi kami itu hanya karena belum terbiasa dan terbatasnya informasi. Dan sebagai Kantor Pelayanan, Penyuluhan Dan Konsultasi Perpajakan, upaya kami adalah untuk membuat perpajakan di mata masyarakat menjadi gampang-gampang susah “Gampang di ingat dan dilaksanakan, Susah dilupakan dan ditinggalkan”, serta ditambah dengan penuh kesadaran dan ketulusan.

Kami mencoba selangkah lebih dekat dengan insan pajak dengan berbagai kegiatan-kegiatan rutin yang telah terencana. Kami terus membangun interaksi melalui kegiatan-kegiatan diskusi/dialog perpajakan, kelas pajak, pemberian informasi perpajakan door to door, melalui obrolan ringan dengan masyarakat, melalui program Tax Goes To School and Campus, serta dengan menyapa melalui saluran udara. Kami jadwalkan kegiatan itu, rutin untuk masyarakat Kutai Barat.

Dengan kondisi geografis yang berada di jantung pulau borneo, red (pelosok), dan tentunya dengan latarbelakang masyarakat beserta kearifan lokalnya yang masih natural, tentu menjadikan tantangan tersendiri, dengan melalui pendekatan yang memasyarakat, semua menjadi lebih mudah. Kami melihat dengan jelas raut wajah kebingungan dan kebimbangan di masyarakat terkait apa dan bagaimana perpajakan itu. Dan disitulah peran kami untuk memperjelas.

Memang kegiatan-kegiatan tersebut sudah lumrah dilakukan akan tetapi bagi kami semua terasa spesial, karena kami laksanakan dengan semangat penuh keyakinan dan ketulusan hati. Tak sedikitpun semangat itu menurun, bahkan walaupun sudah berada di penghujung tahun, semangat kami tak sedikitpun kendur. Kami masih terus optimis memberikan layanan kepada masyarakat melalui kegiatan kagiatan terkait perpajakan.

Di penghujung tahun, kebanyakan masyarakat meresahkan dan mengkhawatirkan kondisi sosialnya, semisal harus ada baju baru, kendaraan baru, atau bahkan pacar baru.

Namun bagi kami keresahan itu adalah apakah informasi perpajakan sudah tersampaikan dengan baik dan apakah layanan kami sudah maksimal. Sehingga kedepannya saat tahun baru tiba masyarakat tak hanya memikirkan baju, kendaraan atau pacar baru, akan tetapi juga memikirkan bagaimana kewajiban perpajakannya selama satu tahun penuh, dan apakah sudah dijalankan dengan baik dan benar, serta apakah sudah ikut berkontribusi untuk negara.

Karena kami optimis Indonesia lebih baik berada di tangan kita semua. Saatnya kita berkontribusi untuk bangsa. Dari sini, dari Kutai Barat, kami mencoba menyampaikan dan menyebarkan semangat berkontribusi untuk negara dari segala lini dan dari segala dimesi masyarakat, mari berperan, dengan penuh keyakinan untuk perpajakan Indonesia yang lebih baik serta peningkatan penerimaan Negara yang akan berguna bagi kemajuan Negara dan kesejahteraan sosial.

Kami siap menatap Tahun Baru dengan lebih baik. 

Kami optimis… karena semangat kami…. Semangat, Seng Penting Yakin!

*) Tulisan ini merupakan pendapat pribadi penulis dan bukan cerminan sikap instansi di mana penulis bekerja.